• Pembangunan Besar-Besaran #DanauToba, Tingkatkan Peluang Usaha Kuliner Halal

    BATAKHALAL -- SALAH satu kendala yang dihadapi banyak wisatawan saat berkunjung ke Kawasan Pariwisata Danau Toba, adalah mencari makanan halal. Padahal kebutuhan akan produk makanan halal cukup tinggi seiring dengan tingginya kunjungan wisatawan beragama Islam asal Malaysia ke kawasan tersebut.

    Jikapun ada, tempat yang menjual makanan halal masih terpusat pada satu daerah saja. Yakni di Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun. Sementara di daerah lainnya, karena memang didominasi warga yang beragama non-muslim, masih sangat jarang.

    Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, untuk mengatasi hal itu, saat ini pihaknya tengah mendorong agar pemerintah daerah dan masyarakat di sekitar kawasan wisata Danau Toba, menggalakkan kuliner halal.

    "Iya kita terus mendorong itu (kuliner halal). Apalagi 42 persen kunjungan wisatawan asing ke Danau Toba itu dari Malaysia. Artinya, kuliner halal itu penting untuk memenuhi kunjungan wisatawan di sana. Kita Dorong lewat program-program lah. Kalau untuk sampai ke pembentukan peraturan daerah, saya pikir belum perlu,"tukasnya.

    Dalam rangka memberikan kenyamanan kepada umat Islam untuk berwisata ke Danau Toba, lanjut Arief, pihaknya kini juga sudah menyiapkan Mushala di areal Bandara Silangit, yang kini sudah sah berstatus sebagai bandara internasional.

    "Kita sudah sediakan Mushala. Gereja juga ada. Pointnya, kita harus menangani wisawatan kita sebaik mungkin,"tukasnya.  (sumber)
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

loading...