• Keren, Damri Beri Layanan Gratis di Danau Toba Selama Liburan

    Daftar nomor penting di Humbang Hasundutan/ilustrasi
    BATAKHALAL -- Selama masa liburan, khususnya Natal dan Tahun Baru 2019, Damri memberikan layanan gratis bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Danau Toba sehingga mereka semakin dimanjakan dengan kemudahan aksesibilitas.

    Ketua Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo mengapresiasi Damri yang bersedia membuka layanan ini. Kebijakan itu dinilai tepat sehingga wisatawan bisa bergerak bebas ke Danau Toba.

    "Damri sudah menyiapkan transportasi terjadwal secara gratis untuk wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Ada empat rute yang bisa dinikmati, yaitu Silangit-Parapat, Silangit-Hutaginjang, Balige Loop, dan Parapat Loop," ujar Arie dalam keterangan tertulis, Minggu (23/12).

    Menurutnya, rute tersebut sengaja diarahkan untuk datang ke tempat atraksi. Misalnya ke Monkey Forest di Parapat. Jadi tanpa diminta, shuttle bus tersebut pasti akan menuju ke lokasi tujuan.

    Dengan adanya Damri gratis, lanjutnya, wisatawan bisa bergerak leluasa tanpa perlu membawa kendaraan pribadi. Hal ini pun tentu membuat bisnis hotel dan restoran di daerah setempat banyak dikunjungi tamu.

    "Untuk bisa menikmati layanan Damri gratis, wisatawan cukup menunjukkan boarding pass pesawat. Jadi sangat simpel dan tidak ribet. Kami pastikan liburan ke Danau Toba tahun ini sangat menyenangkan," kata Arie.

    Menyinggung soal infrastruktur, Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 Bali Baru Kemenpar Hiramsyah S Thaib menyatakan bahwa infrastruktur diperkirakan akan selesai pada 2019. Menurutnya, pemerintah sedang membangun infrastruktur untuk menjawab target 1 juta wisatawan ke Danau Toba. Nanti, akses bisa semakin lancar dengan adanya jalan tol rute Medan-Tebing Tinggi.

    Hiram juga memperkirakan tahun 2019 pembangunan tol sudah sampai Pematang Siantar. Selain itu, lanjutnya, pemerintah setempat juga sudah menganggarkan perbaikan kereta api Medan-Siantar sehingga jarak tempuh menjadi lebih cepat.

    "Pelabuhan pun sedang dipersiapkan untuk dikelola secara profesional. Pada 20 Desember lalu, Kapal Ihan Batak sudah beroperasi. Dengan kata lain, masyarakat atau wisatawan bisa menikmati liburan ke Danau Toba lewat jalur mana saja," jelasnya.

    Menteri Pariwisata Arief Yahya pun menuturkan bahwa Danau Toba menjadi prioritas utama sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN). Selain melakukan promosi dan pembenahan di segala bidang, Arief berharap pengembangan Danau Toba tetap memperhatikan lingkungan. (sumber)
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

loading...